4-Kuliner-Khas-Ambon-Yang-Harus-Anda-Cicipi

4 Kuliner Khas Ambon Yang Harus Anda Cicipi

kulinernusantara – Kota Ambon terkenal sebagai kota yang memiliki variasi kuliner yang menarik. Salah satu kuliner Ambon menarik yang sering diburu adalah hidangan Papeda yang dimakan dengan ikan kuah kuning. Teksturnya yang lengket seperti lem membuat banyak orang merasa penasaran dengan hidangan ini.

Selain Papeda kuah kuning, Ambon sebenarnya memiliki kuliner lezat lainnya yang juga patut dicicipi. Apa sajakah itu? Berikut ini listnya!

1. Ikan Kuah Pala

ikan-kuah-pala

 

 

 

 

 

Ke Ambon memang tidak lengkap jika belum mencicipi Ikan Kuah Pala. Hidangan laut ini merupakan hidangan yang sudah ada sejak beratus-ratus tahun (populer di zaman Belanda) dan lebih terkenal sebagai kuliner Kepulauan Banda.

Kuliner Ambon ini terdiri dari ikan yang dimasak dengan kuah sop atau kuah santan yang rasanya asam bercampur pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini umumnya dihidangkan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah besar, dan sambal bekasang yang terbuat dari ikan cakalang tumbuk. Kombinasi dari bahan-bahan ini membuat kuliner Ambon ini begitu nikmat.

2. Bubur Ne

Bubur Ne atau lebih akrab disebut dengan nama bubur sagu adalah kuliner yang sangat populer di Ambon. Bubur ini adalah bubur khas Maluku yang rasanya manis dan teksturnya kental.

Sebenarnya Bubur Ne ini rasanya mirip dengan kolak ubi di Jawa, hanya saja lebih kental dan manis. Hidangan ini biasanya dimasak dengan ubi dan taburan kenari. Pecinta makanan manis wajib sesekali coba kuliner Ambon ini saat berada di Ambon.

Baca Juga : Beberapa Kuliner Bandung Paling Nikmat Rasanya

3. Rwbia

rwbia

 

 

 

Rwbia merupakan hidangan yang berbahan dasar bia atau kerang. Kerang yang digunakan dalam hidangan ini biasanya tidak hanya satu jenis tapi beragam tergantung stok jenis kerang yang ditemukan oleh masyarakat setempat.
Bia biasanya dimasak dengan bermacam rempah seperti bawang, kelapa sangrai, santan, gula aren, jintan, kunyit, dan bahan lainnya. Karena menggunakan rempah yang melimpah maka cita rasanya pun luar biasa lezat, gurih dan sedikit pedas.

Kuliner Ambon ini biasanya dinikmati dengan ubi atau kue talam. Wisatawan bisa menemui kuliner Ambon ini dengan datang ke resto dekat pesisir pantai. Salah satunya di Pantai Netsepa, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Satu porsi bisanya dihargai dengan harga Rp 15.000.

4. Kopi Rarobang
Sekilas memang aneh dari kopi khas Ambon ini karena ada biji kenari di dalamnya. Iya, kopi Rarobang ini memang memadukan biji kenari dalam racikannya. Bukan hanya itu saja jahe putih dan madu juga ikut disertakan dalam kopi ini. Kopi yang digunakan dalam kopi ini adalah kopi robusta.

Bagi yang mengaku pecinta kopi sesekali harus mencicipi kopi tradisional yang unik ini saat ke Ambon. Wisatawan bisa ke salah satu kafe di Jalan Said Perintah untuk mencicipi kopi ini. Harganya hanya Rp 19.000 per cangkir. Nama kafenya Sibu-sibu.