Beberapa-Kuliner-Khas-Kalimantan-Timur

Beberapa Kuliner Khas Kalimantan Timur

kulinernusantara –  Kalimantan Timur terkenal dengan destinasi wisata yang indah. Pulau Derawan, Maratua, dan Kakaban adalah tiga destinasi andalan yang tak boleh terlewat saat memutuskan pergi ke Kalimantan Timur.

Tapi jalan-jalan tentu saja kurang sedap jika belum mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Apalagi Kalimantan Timur ternyata memiliki kuliner khas yang terkenal lezat.

Berikut ini kuliner khas Kalimantan Timur bercita rasa lezat yang tak boleh terlewat saat bertandang ke sana.

Sate Payau

sate-payau

 

 

 

 

Pernah merasakan sate daging rusa? Jika belum wisatawan bisa mencobanya saat bertandang ke Kalimantan Timur saat upacara adat Kalimantan Timur atau saat festival kesenian yang sering dilakukan di Kalimantan Timur.

Kuliner ini hanya disajikan saat festival dan upacara adat karena saat ini rusa menjadi binatang yang dilindungi. Sate Payau ini sendiri memiliki tekstur yang lembut dibandingkan daging sapi dan rasanya manis karena dimarinate dengan bumbu sate. Kuliner satu ini biasa ditemui di Tepian Pandan, Tenggarong.

Baca Juga : Kisah Sejarah Kuliner Nusantara

Ayam Cincane

Dari namanya saja sudah membuat penasaran. Apalagi dari segi rasanya.

Jadi, Ayam Cincane ini sebenarnya ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat. Meski kelihatannya sama dengan ayam kebanyakan, namun sebenarnya ayam ini diolah dan dibumbui dengan bumbu yang berbeda.

Sebelum dibakar ayam cincane ini biasanya di rebus terlebih dahulu dengan bumbu khusus. Setelah itu dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga kecokelatan. Baru setelah itu dilumuri dengan sambal tomat.

Ayam Cincane ini biasanya dihidangkan saat acara resmi seperti saat pernikahan.

Nasi Bekepor

nasi-bekerpo

 

 

 

 

Nasi Bekepor adalah hidangan yang cukup sulit di cari tapi karena rasanya yang lezat banyak juga orang yang mencari kuliner ini. Nasi Bekepor berupa nasi putih yang biasanya dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur.

Biasanya disajikan dengan sayur gangan asam kukar yakni sejenis sayur asem yang diolah bersama dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur ataupun daging masak bumi hangus. Cukup unik dan menari untuk dicoba saat ke Kalimantan Timur, bukan?

Gence Ruan

Kuliner Kalimantan Timur ini memang sedikit asing di telinga namun jika sudah melihat dan mencicipinya pasti langsung ingin nambah.

Gence Ruan sendiri merupakan ikan gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan Haruan yang dibakar di atas bara api dengan menggunakan bumbu tumis yang banyak. Lalu setelah di bakar ikan ini biasanya akan dilumuri dengan sambal goreng yang enak.

Gence Ruan atau Gence Ikan Haruan yang nikmat ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan tumis daun pakis yang renyah.

Sambal Raja ala Kalimantan Timur

nasi-bekerpo

 

 

 

 

Seperti Bali yang memiliki sambal matah ala Bali, Kalimantan Timur juga memiliki sambal khusus yang hanya ada di Kalimantan Timur. Namanya Sambal Raja.

Sambal Raja khas Kalimantan Timur terdiri dari kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, terong ungu dipotong dadu, bawang merah potong, cabai merah dan rawit serta telur tebus yang dicincang-cincang.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggoreng semua bahan dengan minyak panas dan cabai, terasi, gula, dan garam yang dihaluskan. Setelah semua bahan matang, masukkan perasan jeruk cina.

Sambal ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan ikan goreng. Rasanya lezat dan menggiurkan.