Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Beberapa Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Kulinernusantara.web.id – Kota Jakarta selalu saja dapat menawarkan banyak ragam kuliner. Sebagai ibu kota negara Indonesia, tentu wajar saja kalau banyak tempat kuliner yang berupa restoran, baik yang terletak di pinggir jalan raya ataupun di mal. Kuliner tersebut membawa nuansa tersendiri bagi yang menikmatinya.

Jakarta juga memiliki makanan khas Betawi yang sudah terkenal akan kelezatan cita rasanya. Selain memiliki beragam adat dan budaya, Betawi juga punya beragam makanan khas yang terkenal dan lezat. Mulai dari makanan yang berbentuk kue ringan hingga makanan berat yang bisa kamu santap dengan nasi.

Makanan yang beragam itu digemari baik turis lokal maupun mancanegara. Kamu yang suka berkuliner jangan ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan lezat ini. Makanan khas Betawi terkenal akan kekayaan rempah serta resep-resep tradisional yang memikat lidah plus bikin ketagihan. Masakan khas Betawi saat sekarang ini sangat mudah ditemukan di sekitar kota Jakarta.

Baca Juga : Kuliner Khas Jogja Sate Ratu

Makanan khas Betawi biasanya juga ada di acara-acara tertentu yang diselenggarakan di Jakarta seperti pada acara Lebaran dan pernikahan.

Berikut ini rekomendasi beberapa makanan khas betawi yang wajib kamu coba,

Makanan Khas Betawi

1. Semur Jengkol

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang hingga kini masih populer di masyarakat Jakarta. Meskipun makanan ini memiliki ciri khas bau dan tidak semua orang suka. Pasalnya, jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol yang awalnya terasa pahit menjadi lezat dan mantap di lidah.

Semur jengkol ini bisa kamu jadikan sebagai lauk dengan nasi putih. Saking terkenalnya, semur jengkol ini bisa kamu temui di berbagai rumah makan seluruh Indonesia.

2. Kerak Telor

Makanan khas Betawi ini tekenal dengan rasanya yang gurih. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon. Lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai. Kerak telor menjadi salah satu makanan yang sangat populer dan favorit bagi warga Jakarta.

Makanan Khas Betawi

3. Sayur Gabus Pucung

Sama dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Nah, rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah empuk daging ikan gabusnya.

4. Soto Betawi

Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan menu soto. Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang terkenal lezat dan populer. Soto ini biasanya menggunakan daging jeroan seperti hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Kuah sotonya terbuat dari campuran susu dan santan yang tentu membuat rasa yang begitu khas dan lezat. Soto ini sangat cocok ditambahkan emping dan nasi yang masih hangat.

Makanan Khas Betawi

5. Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang terkenal dan lezat. Bahan dasarnya adalah tahu, mentimun, kecambah, bihun. Kamu bisa menambahkannya dengan telur goreng dan ketupat sesuai selera. Semua bahan tersebut di lengkapi oleh saos kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Jangan lupa kamu bisa menggunakan emping atau kerupuk sebagai tambahan kriuk-kriuknya.

6. Bubur Ase

Namun bubur yang satu ini sekarang sulit untuk kita jumpai, yakni bubur ase. Bubur yang khas Betawi ini berbeda dengan bubur Jakarta pada umumnya. Bubur ase tidak dicampur dengan irisan ayam melainkan dicampur dengan semur daging khas Betawi yang membuat warna bubur ini lebih gelap.

Selain daging, bubur ase menggunakan bumbu-bumbu lain seperti kentang dan lain sebagainya yang bisa menambah kelezatan bubur ase khas Betawi. Sedangkan nama ase sendiri memiliki makna dingin, karena bubur ini dihidangkan dalam keadaan dingin.

Makanan Khas Betawi

7. Kupat Sayur

Kamu tidak akan kesulitan menemukan lontong sayur ketika berada di Jakarta, karena makanan ini masih sangat populer dan memberikan ciri khas budaya Betawi. Pada awalnya lontong sayur khas Betawi ini hanya akan hadir ketika perayaan Idul Fitri saja.

Lontong atau kupat disiram dengan kuah santan dengan racikan bumbu penyedap khas Betawi. Sayur biasanya menggunakan sayur labu atau bisa menggunakan irisan pepaya muda. Akan lebih lezat kalau kamu menambahkan kerupuk dan suiran ayam.

8. Sayur Besan

Sayur ini merupakan salah satu makanan legendari Betawi. Pasalnya sayur ini sekarang jarang bisa ditemui di warung-warung khas Betawi karena bahan utamanya sulit didapatkan. Makanan lezat ini terbuat dari tebu telur. Bagian pucuk atau bunga tebu telur diolah menjadi sayur ditambah dengan bahan pelengkap kentang, ebi, dan petai.

Sayur besan ini memiliki rasa gurih dan lezat di mulut. Dalam budaya Betawi sayur ini tidak hanya sebagai sayur yang dimakan dengan nasi, kamu bisa menemukan sayur ini saat acara pernikahan. Makanan khas Betawi ini merupakan lambang kekeluargaan dan penghormatan terhadap keluarga baru dalam hubungan pernikahan.