Dadar Jagung

Dadar Jagung

Dadar Jagung – Mungkin buat beberapa teman ada yang agak bingung sebenarnya dadar jagung, bakwan jagung atau perkedel jagung itu sama enggak sih? Sebenarnya ketiga resep masakaan jagung tersebut dari bentuk dan cara mmebuatnya hampir mirip dan mempunyai banyak kesamaan.

Tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar dari ketiga resep tersebut yang sebaiknya kita ketahui sehingga tidak salah sebut nama masakan.

Resep dadar Jagung Renyah yang akan kita buat kali ini jagung manis yang digunakan diparut kasar dan dihaluskan sebagian biji jagungnya terlebih dahulu sebelum dicampur dengan tepung terigu dan bumbu

Bahan bahan Resep Dadar Jagung

  • Sesuai namanya, bahan utama yang digunakan adalah jagung manis yang masih segar dan kualitasnya bagus kurang lebih sebanyak 4 batang. Jangan menggunakan jagung biasa karena hasilnya nanti akan berbeda rasanya.
  • Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung. Kupas kulit bawangnya lalu potong supaya mudah saat dihaluskan nantinya.
  • Ketumbar kurang lebih sebanyak 2 sendok teh untuk bahan bumbunya.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 siung aja. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil supaya mudah saat di uleg nantinya.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Bisa menggunakan tepung jenis apa saja, tetapi untuk hasil yang renyah dan enak sebaiknya menggunakan tepung terigu yang mempunyai kandungan protein rendah, seperti Kunci Mas, Kunci Biru atau Lencana Merah.
  • Selederi ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 batang saja. Cuci bersih daunnya lalu iris tipis tipis.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-3 butir saja.
  • Daun bawang yang kondisinya masih bagus dan segar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 batang ukuran sedang besar. Cuci daun bawang lalu iris halus untuk campuran adonannanya.
  • Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  • Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  • Air bersih untuk membuat adonan dadar jagungnya kurang lebih sebanyak 75ml – 100 ml saja.
  • Merica halus secukupnya. Bisa dihilangkan kalau tidak suka pedas sama sekali.
  • Minyak goreng baru kualitas bagus secukupnya untuk menggorengnya.

Baca Juga :

Cara Membuat Dadar Jagung Enak dan Mudah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ambil biji jagung dari bonggolnya dengan cara menyisir memakai pisau yang tajam. Setelah itu uleg kasar (jangan sampai halus semuanya) biji jagungnya supaya tekstur jagungnya masih terasa saat dimakan nantinya.
  2. Haluskan atau uleg bawang merah, bawang putih dan ketumbarnya sampai benar benar halus.
  3. Ambil satu wadah ukuran agak besar lalu campur kan bumbu dadar jagung diatas dengan biji jagungnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan telur dan air yang sudah dipersiapkan lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan tepung terigu, garam dapur yang beryodium, gula pasir dan merica bubuknya kalau suka lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Masukkan daun bawang dan daun seledrinya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak panas agak banyak.
  8. Masukkan adonan tadi secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok sayur. Ulangi sampai permukaan wajan hampir penuh dan goreng sampai dadar jagunya matang dan berwarna kuning agak kecoklatan lalu tiriskan.
  9. Ulangi proses diatas sampai semua adonan habis.