Kuliner Asli Khas Lamongan

Kuliner Asli Khas Lamongan

kulinernusantara.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Kuliner Asli Khas Lamongan. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Kuliner Asli Khas Lamongan

1. Nasi Boranan
Nasi Boranan atau Sega Boranan adalah makanan khas Lamongan yang populer dan wajid Toppers cicipi jika bertandang ke Lamongan. Mudah ditemui dijajakan sebagai panganan kaki lima, makanan khas Lamongan satu ini juga bisa Toppers jumpai di pasar-pasar tradisional di Lamongan.Dilengkapi dengan berbagai lauk-pauk tradisional lainnya, Nasi Boranan menawarkan sensasi menikmati nasi dengan cita rasa yang berbeda, khas Lamongan.

2. Tahu Campur
Kuliner khas Lamongan selanjutnya adalah Tahu Campur yang merupakan salah satu makanan populer di daerah Jawa. Panganan khas Lamongan ini terbuat dari potongan lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, daging sapi, dan sayur-sayuran sebelum dituangkan dengan kuah berbumbu petis udang yang gurih.

3. Bandeng Colo-Colo
Lamongan juga terkenal sebagai salah satu daerahn penghasil ikan tawar di Jawa Timur, khususnya Bandeng. Jadi, tak heran jika Toppers akan menemukan beragam kuliner olahan Bandeng di Lamongan. Salah satu yang paling populer adalah Bandeng Colo-Colo.Makanan khas Lamongan ini diolah dengan bumbu-bumbu khusus yang membantu menghilangkan rasa dan aroma tanah khas ikan-ikan air tawar. Dilengkapi ragam lalapan dan juga sambal ulek tradisional, menambah kelezatan dari kuliner asal Lamongan satu ini.

4. Winko Babat
Makanan khas Lamongan selanjutnya yang bisa Toppers coba adalah Winko Babat. Terbuat dari olahan ketan, kelapa, dan berbagai bahan pelengkap lain, kuliner khas Lamongan ini memiliki perpaduan rasa gurih dan juga manis yang legit.Winko Babat sendiri kerap menjadi camilan untuk menemani segelas kopi atau teh hangat di waktu santai. Makanan khas Kota Lamongan ini juga kerap dijadikan buah tangan bagi para wisatawan yang tengah berkunjung ke Lamongan.

5. Jumbrek
Kue tradisional Lamongan selain Winko Babat yang tak kalah menarik untuk dicicipi adalah Jumbrek. Ciri khas dari jajanan tradisional asal Lamongan ini adalah bentuknya yang mengerucut terbungkus daun siwalan. Dibuat dari campuran tepung beras, santan, dan juga gula jawa seblum dikukus hingga matang, makanan khas Lamongan ini memiliki tekstur lembut dan sedikit kenyal dan rasa manis yang nikmat.

6. Marning
Marning adalah camilan tradisional yang kini sudah sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tapi, siapa sangka makanan tradisional berbahan dasar jagung ini ternyata merupakan salah satu camilan asal Lamongan? Dengan tekstur garing dan renyah, serta perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, makanan ringan ini kerap dijadikan oleh-oleh khas asal Lamongan yang praktis untuk dibawa pulang.

7. Es Dawet Siwalan
Es Dawet merupakan nama lain dari es cendol. Namun, berbeda dengan es cendol yang khas dengan warna hijaunya, Es Dawet Siwalan khas Lamongan justru memiliki warna cokelat kekuningan karena bahan utama dari minuman ini adalah Buah Siwalan atau dikenal juga dengan nama Lontar.Dengan cita rasa manis dan menyegarkan dari buah Siwalan, minuman khas Lamongan yang dihidangkan dingin ini cocok untuk disantap ketika hari tengah terik untuk melepas dahaga dan menyejukkan suasana.

Baca Juga : Makanan Khas Bogor Wajib Coba

8. Rawon Lamongan
Berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Timur, mencari panganan satu ini sangatlah mudah. Terkenal akan warna kuahnya yang kehitaman karena menggunakan kluwek, Rawon di Lamongan sekilas terlihat tak jauh berbeda dengan Rawon pada umumnya. Namun, di Lamongan kuliner tradisional ini ditambahkan bumbu kunyit yang menambah kekayaan rasa dari makanan khas.

9. Soto Lamongan
Menikmati kuliner khas Lamongan tentu takkan lengkap tanpa kelezatan dari Soto Lamongan yang sudah termasyur. Saking populernya makanan khas Lamongan ini, Toppers bisa menemukan banyak penjaja Soto Lamongan di berbagai daerah di nusantara.

Soal komposisi, Soto Lamongan memiliki isi yang tak berbeda jauh. Namun, kuah dari Soto Lamongan yang lebih berminyak dan kaya akan rempah menawarkan rasa gurih yang sangat lezat dan khas, menjadikan kuliner khas Lamongan ini banyak digemari pecinta kuliner.