Kuliner Jajanan Khas Ambon

Kuliner Jajanan Khas Ambon

Kuliner Jajanan Khas Ambon – Ambon terkenal dengan banyaknya aneka kuliner yang bisa kamu coba cicipi. Ambon memiliki banyak makanan yang dapat membuat kamu rindu memakannya

1. Papeda dan ikan kuah kuning
Kamu belum bisa dibilang pernah ke Ambon kalau belum mencoba makan papeda. Kuliner paling khas ini dijadikan makanan utama, pengganti nasi, di Ambon. Rasanya tawar dan menyerupai lem, papeda dibuat dari sagu.

Meski tawar, rasanya enak dan perutmu akan merasakan sensasi dingin. Kamu bisa menikmatinya dengan ikan kuah kuning. Tak sulit mencarinya, karena di setiap restauran atau warung menyediakannya.

2. Bagea, kue kenari, dan kue tumbu
Camilan-camilan khas Ambon ini gak boleh kamu abaikan begitu saja. Teksturnya memang keras. Tapi, kamu bisa menikmatinya bersama kopi. Percayalah, kamu akan ketagihan dengan rasa gurihnya.

3. Ikan asap
Kalau di Ambon, namanya lebih dikenal sebagai ikan asar. Biasanya ikan ini bertahan hingga sepekan, lho. Ada ikan tuna, cakalang, hingga tongkol.

Cara memasaknya pun unik. Ikan utuh dibumbui terlebih dahulu, ditusuk bambu, dan dibungkus daun pisang. Kemudian, asapi hingga matang. Kamu bisa menemukannya di Pasar Mardika.

Baca Juga : Kuliner Berkuah Khas Sulawesi Selatan

4. Sambal Colo-colo
Ikan asar dan sambal colo-colo merupakan jodoh yang tepat. Sambal ini terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis. Kemudian, diiris tipis dan dicampur menjadi satu wadah yang diberi kecap manis. Kamu bisa menambahkan daun seledri supaya rasanya makin kuat dan sedap.

5. Nasi kuning Bagadang
Kelaparan tengah malam di Ambon? Jangan telepon McDonald’s atau KFC. Lebih baik kamu pergi ke perempatan Tugu Trikora Ambon. Kamu akan menjumpai kuliner malam yang dimulai sejak pukul 19.00 hingga 03.00 WIT.

Salah satu yang terkenal adalah nasi kuning Bagadang. Gurihnya gak ada yang menandingi. Kamu bisa menyertakan ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, perkedel, dan sebagainya. Siap begadang, deh!