Kuliner Khas Manado Yang Menggugah Selera

Kuliner Khas Manado Yang Menggugah Selera

kulinernusantara.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Kuliner Khas Manado Yang Menggugah Selera. Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Kuliner Khas Manado Yang Menggugah Selera, Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Kuliner Khas Manado Yang Menggugah Selera

1. Dabu-Dabu
Dabu-dabu merupakan salah satu makanan khas Manado paling populer, bahkan banyak dikatakan sebagai ikon dari kuliner di Manado. Dabu-dabu sendiri merupakan olahan sambal khas Manado dimana potongan cabau dipadupadankan dengan potongan tomat segar, bawang merah dan berbagai bahan lainnya, menciptakan rasa pedas yang sangat menyegarkan.

Di Manado sendiri, Toppers bisa mencicipi beragam olahan Dabu-dabu mulai dari dabu-dabu lemong, dabu-dabu bakar, dan berbagai olahan khas Manado lainnya.

2. Sambal Roa
Manado memang surganya para pecinta kuliner pedas. Selain Dabu-dabu, masih ada sambal khas Manado lainnya yang bisa Toppers cicipi yaitu Sambal Roa. Kuliner tradisional Manado ini diolah dari daging ikan roa yang diasapkan, kemudian dicamburkan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi sangat gurih. Saking populernya, sambal ini kerap dijadikan oleh-oleh dari Manado oleh para wisatawan.

3. Tinutuan
Makanan khas Manado selanjutnya adalah Tinutuan, olahan sayur-sayuran yang dimasak bersama bubur dan juga buah labu kuning. Kuliner asal Manado ini juga sering disebut sebagai “bubur Manado” dan sangat umum disajikan sebagai menu sarapan baik oleh masyarakat ataupun di restaurant-restaurant dan hotel.

4. Ayam Tuturuga
Sekilas, penampilan dari makanan khas Manado satu ini terlihat seperti opor ayam. Bahan-bahan untuk membuat Tuturuga memang tak begitu jauh berbeda dengan kuliner opor ayam. Diolah dari daging ayam bersama kuah santan kekuningan yang dibumbui berbagai rempah-rempah, kuliner khas Manado satu ini terkenal akan cita rasa gurih yang lezat.

5. Paniki
Untuk Toppers pecinta kuliner unik, pilihan makanan asal Manado selanjutnya ini mungkin bisa Toppers cicipi. Meskipun terbilang ekstrim, Paniki yang berbahan dasar Kelelawar merupakan kuliner khas Manado yang cukup banyak di cari, lho. Daging kelelawar yang diolah bersama santan dan rempah yang kaya membuat kuliner ini memiliki rasa pedas dan hangat yang sangat khas.

6. Papare
Kuliner khas Manado lainnya yang wajib Toppers cicipi adalah Papare. Papare merupakan kuliner berbahan dasar Ikan Tongkol. Namun, yang menjadikan masakan khas Manado ini unik adalah penyajiannya yang dibunkus kedalam buah pare dan kemudian digoreng. Tak perlu takut akan rasa pahit dari pare, berbagai rempah dan bumbu pada ikan tongkol membuat kuliner ini tetap gurih dan lezat saat dikonsumsi.

7. Klappertart
Manado juga memiliki sebuah menu makanan pencuci mulut yang sangat populer, yaitu Kappertart. Masakan yang banyak mendapat pengaruh dari Belanda ini merupakan kue berbahan dasar kelapa muda yang diolah bersama susu, keju, kacang kenari, dan juga kismis.

Cita rasa manis dan tekstur yang sangat lembut dari Klappertart membuatnya banyak digemari oleh banyak orang.

Baca Juga :Kuliner Malam Bandung Di Cibadak

8. Cakalang Fufu
Cakalang Fufu adalah olahan ikang Cakalang yang khas Manado yang juga sangat populer. Diolah dengan cara diasapkan, ikan Cakalang Fufu memiliki rasa unik yang sangat lezat. Tak cuma lezat, ternyata ikan Cakalang juga terkenal akan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan dan juga perkembangan otak, lho!

9. Gohu
Makanan khas Manado selanjutnya adalah olahan asinan buah khas masyarakat Manado. Umumnya, Gohu dibuat menggunakan buah pepaya, namun tak jarang juga dilengkapi dengan timun ataupun buah nanas. Buah-buahan ini kemudian direndam dalam campuran air, cuka, lemon, cabai rawit, jahe, gula merah, dan garam.

Disajikan dalam keadaan dingin, olahan masakan khas Manado ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk disantap saat hari tengah terik karena rasanya yang sangat menyegarkan.