Kuliner Mantap Khas Palangkaraya

Kuliner Mantap Khas Palangkaraya

kulinernusantara.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Kuliner Mantap Khas Palangkaraya, Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Kuliner Mantap Khas Palangkarayaa Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Kuliner Mantap Khas Palangkaraya

1. Jelawat goreng dan Olahan Jelawat lainnya
Mungkin nama ikan ini terdengah asing bagi Toppers karena memang jenis ikan ini merupakan ikan endemik di sungai-sungai Kalimantan. Olahan makanan tradisional khas Palangkaraya ini umumnya dibakar dan digoreng menggunakan bumbu-bumbu khas. Beberapa juga mengolah kuliner khas Palangkaraya ini dengan cara di Gulai.

Tekstur ikan yang lembut dan rasa bumbu yang gurih membuatnya wajib Toppers cicipi saat mengunjungi Kota Palangkaraya.

2. Wadi Patin
Selain olahan ikan Jelawat, makanan khas Palangkaraya lainnya yang berbahan dasar ikan adalah Wadi Patin. Terbuat dari daging ikan patin yang difermentasi, kuliner tradisional khas Palangkaraya ini memberikanmu cita rasa asin dan asam serta kesegaran ikan patin yang menggoda.

Umumnya makanan tradisional Palangkaraya ini dimasak dengan cara digoreng dan dikukus. Ditambah dengan sambal serai dan sepiring nasi hangat, makanan khas Palangkaraya satu ini dijamin akan memanjakan perutmu.

3. Telur Ikan Masak Kuning
Kekayaan kuliner seafood di Palangkaraya tak hanya berhenti di Ikan Jelawat dan Wadi Patin saja, masih ada panganan tradisional Palangkaraya lain yang bisa jadi pilihanmu, yakni Telur Ikan Masak Kuning.

Dengan tekstur telur ikan yang kenyal dengan bumbu kuning yang gurih dan manis memberikan cita rasa unik untuk lidahmu.

4. Juhu Umbut Rotan
Meskipun rotan bukanlah bahan makanan yang lazim di wilayah Indonesia lainnya, namun di beberapa wilayah di Kalimantan Tengah, rotan yang masih muda menjadi salah satu bahan makanan khas Palangkaraya, lho!

Dengan cita rasa sedikit pahit dan gurihnya rempah-rempah, ditambah kuah yang terbuat dari santan (atau tanpa santan) akan memberikanmu pengalaman berbeda dalam berwisata kuliner khas Palangkaraya.

Tak perlu takut tekstur dari makanan khas Palangkaraya ini akan terasa keras karena rotan muda ini memiliki tekstur yang kenyal.

5. Keripik Kalakai
Tanaman Kalakai adalah salah satu bahan makanan khas dari nenek moyang masyarakat keturunan Dayak sejak dahulu. Bahan makanan khas Kalimantan Tengah ini memiliki manfaat kesehatan seperti mengobati diare, menambah dasar hingga mencegah penuaan dini pada kulit.

Bahan makanan ini sendiri kerap diolah menjadi camilan berupa keripik yang sangat digemari. Dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah yang pas, makanan khas Palangkaraya ini cocok menjadi makanan ringan pendamping waktu santaimu.

6. Bangamat
Ingin mencoba kuliner khas Kalimantan Tengah dengan bahan yang cukup unik? Bangamat bisa menjadi makanan tradisional Kalimantan Tengah yang bisa Toppers cicipi. Terbuat dari olahan daging kelelawar dan sayur hati batang pisang, tentu keunikan dari kuliner tradisional Kalimantan Tengah ini cukup menarik untuk dicicipi.

7. Kalumpe
Makanan tradisional khas Suku Dayak di Kalimantan Tengah ini juga dikenal dengan nama Karuang. Terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus, panganan tradisional Palangkaraya ini diolah dengan kuah kental yang diperkaya rempah-rempah. Disempurnakan dengan terong kecil dan ditaburi kacang tanah dan ikan teri, sayuran tradisional khas Kalimantan tengah ini sangat pas dimakan bersama nasi hangat dan pedasnya sambal terasi.

8. Juhu Kujang
Sayuran khas Palangkaraya selanjutnya yang bisa jadi teman santap siangmu adalah Juhu kujang. Makanan tradisional khas Palangkaraya Kalimantan Tengah ini terbuat dari keladi dan juga ikan yang dimasak dengan kuah berbumbu rempah-rempah khas setempat.

9. Kue Gagatas
Terbuat dari beras ketan, Kue gagatas adalah kue tradisional Khas Palangkaraya yang banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional di Kalimantan Tengah. Dengan bentuk membulat dan lapisan gula pada bagian luar membuat camilan bercita rasa manis ini sangat pas menjadi teman menyeruput segelas kopi ataupun teh hangat di sore hari.

Baca Juga :Kuliner Ondel Ondel Khas Betawi

10. Kenta
Terbuat dari ketan padi yang disangrai kering dan ditumbuk, makanan tradisional khas Masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang unik dan wajib Toppers coba saat mengunjungi Kota Palangkaraya.

Dilengkapi parutan kelapa, air kelapa muda, dan manis gula pasir, kamu pasti bisa membayangkan betapa unik cita rasa dari makanan khas Kalimantan Tengah satu ini bukan?

11. Juhu Singkah Enyuh
Dalam bahasa setempat, Singkah Enyuh memiliki umbut kelapa. Umbut kelapa sendiri merupakan bagian ujung atau pucuk pada tunas kelapa. Bagi masyarakat Kalimantan Tengah, Singkah Enyuh ini bisa menjadi salah satu bahan makan yang lezat.

Dengan tekstur empuk dan disirami kuah dengan cita rasa gurih dari berbagai rempah-rempah pilihan, makanan tradisional khas Palangkaraya ini sangat pas menjadi lauk pendamping makan siang ataupun makan malammu.

12. Wadai Apam
Kue khas Palangkaraya selanjutnya yang bisa jadi teman minum kopi ataupun teh adalah Wadai apam. Kuliner tradisional khas Palangkaraya ini umum ditemukan di berbagai perayaan setempat mulai dari pernikahan, pertemuan keluarga, dan acara lainnya.

Namun, tak sulit juga untuk mendapatkan makanan khas Palangkaraya ini untuk sekedar menjadi camilan sehari-hari ataupun dibawa sebagai oleh-oleh dari Palangkaraya untuk keluargamu.

13. Sambal Kandas Serai
Buat yang suka cita rasa pedas, olahan sambal tradisional Kalimantan Tengah satu ini wajib hukumnya untuk kamu cicipi. Dibuat dari cabai dan rempah-rempah lainnya serta tentunya serai, sambal ini memiliki cita rasa unik yang akan lengkapi cita rasa makanan khas Palangkaraya lainnya.

Umumnya, sambal lezat ini menjadi pelengkap olahan Ikan Jelawat, Wadi Patin, dan berbagai makanan khas Palangkaraya Kalimantan Tengah lainnya.