Kuliner Surabaya yang Cocok Dinikmati saat Malam Hari

Kuliner Surabaya yang Cocok Dinikmati saat Malam Hari

Kulinernusantara.web.id РApakah anda tahu ? bahwa, Kota Surabaya merupakan kota terbesar nomor dua di Indonesi. Kota Surabaya ternyata tak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaannya saja. Kota Pahlawan ini juga dikenal sebagai kota dengan sejuta kuliner. Kuliner Surabaya selalu menyenangkan.

Selain jenis kuliner yang beragam, cita rasanya yang dimiliki pun sangat khas. Mau yang pedas, manis, ataupun gurih bisa ditemukan di kota ini. Wisata kuliner Surabaya pun bisa dinikmati lewat kuliner tradisionalnya, seperti rujak cingur, tahu campur, tahu tek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau kamu pecinta kuliner dan berkunjung ke Surabaya, tak perlu khawatir dan bingung untuk memilih makan. Apalagi untuk kamu yang suka berwisata kuliner di malam hari, Surabaya menawar banyak pilih untuk kamu.

Wisata kuliner Surabaya siap menggoyang lidah kamu dengan bermacam-macam kuliner unik dan enak. Berikut beberapa lokasi wisata kuliner malam Surabaya yang harus kamu datangi,

1. Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawonnya cukup besar dan juga empuk. Cita rasa kuahnya nendang dan khas ini yang selalu berhasil membuat para tamunya balik lagi. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga : Resep Puding Jagung Nikmat

2. Bakso Solo Rindu Malam

Bakso Solo Rindu Malam berbeda dengan bakso lainnya karena menggunakan kuah dari racikan bumbu yang sudah turun-temurun sejak 1984. Tak heran kalau cita rasa dari bakso ini selalu bisa menggoyang lidah para penggemar bakso.

Untuk menu pilihannya, di sini tersedia bakso puyuh, bakso keju, bakso halus, bakso kasar dan bakso campur.

3. Sego Sambel Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kamu pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini.

Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya kamu bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Namun, kamu harus rela mengantri untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini. Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang jawara.

Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala dan menantang, bisa-bisa membuat kamu ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

4. Nasi Cumi Waspada

Salah satu wisata kuliner malam Surabaya tradisional yang murah dan enak adalah Nasi Cumi Waspada. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Waspada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung ini, menu andalannya adalahn nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda.

Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan: nasi biasa (nasi, cumi, peyek udang), nasi campur (nasi, cumi, empal, telur, peyek udang), nasi komplet (nasi, cumi, mi goreng, usus, paru, babat, peyek udang), dan nasi rawon cumi.

Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan beberapa menu lainnya akan membuat kamu ketagihan. Jika kamu bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

5. Penyetan Bang Ali

Penyetan Bang Ali juga harus masuk daftar wisata kuliner malam Surabaya. Ada dua lokasi Penyetan Bang Ali yang bisa kamu kunjungi, yakni di Jalan Kupang Indah I yang buka dari jam 3 sore hingga 12 malam.

Ada pula di Jalan Simpang Darmo Permai Utara Nomor 22 yang buka 24 jam. Pilihan lauknya beragam, sambalnya pun nikmat. Kamu bisa memilih tingkat kepedasannya sesuai selera.

6. Bubur Ayam Mang Dudung

Di Surabaya juga ternyata ada bubur ayam Jakarta yang sudah terkenal, yakni Bubur Ayam Mang Dudung. Bubur Ayam Mang Dudung ini memiliki cita rasa nikmat sehingga menjadi incaran para manusia malam dan wisatawan Surabaya yang kelaparan mencari makanan.

Tak hanya itu, warung Bubur Ayam Mang Dudung selalu tampak penuh karena cita rasa dan bubur yang khas.

7. Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Surabaya yang unik ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Walaupun terlihat sama, lidahmu akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda.

Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih.