Resep Ayam betutu kuah khas gilimanuk

Resep Ayam Betutu Kuah Khas Gilimanuk

Kulinernusantara.web.id – Kami akan mengajak teman-teman untuk membuat resep masakan khas Bali yang juga menggunakan bumbu ayam betutu, yaitu sup ayam atau bebek betutu. Sesuai namanya, resep ayam tradisional ini dimasak dengan sempurna ketika cuaca berubah menjadi dingin lagi selama musim hujan. Saus lezat dengan bumbu ayam dari resep tradisional Bali benar-benar sangat menggiurkan. Terlepas dari cuaca dingin, resep ayam ini direndam dengan saus pedas, yang juga cocok untuk dimakan di siang hari atau disajikan ketika tamu atau keluarga jauh tiba. Perpaduan beberapa rempah alami dengan buah cabai pedas membuat semua orang ketagihan resep sup Gilimanuk ini. Apalagi jika dinikmati bersama dengan saus sambal mentah, kok. Yang paling penting adalah metode membuat betutu dari ayam Bali ini lebih mudah daripada resep kakak Anda, yang harus dikukus dan dipanggang.

Kalau masalah rasa, kedua resep ayam betutu khas Bali ini memang tidak ada duanya. Tidak hanya di negara kita lho, resep masakan tradisional ini bahkan banyak juga disukai oleh wisatawan asing yang berkunjung ke pulau Dewata itu. Citarasa bumbu ayam betutu kuah ini memang beda daripada resep masakan di luar negeri karena menggunakan berbagai macam rempah alami. Selain itu, ada beberapa tips khusus cara membuat ayam betutu kuah ini sehingga menghasilkan citarasa yang luar biasa seperti resep aslinya dari Gilimanuk Bali. Yang paling penting, di resep ini kita tidak memerlukan oven ataupun daun pisang sehingga lebih praktis.

Selain rasanya yang tidak ada duanya, kandungan protein, vitamin dan zat gizi lainnya didalam masakan resep ayam betutu kuah ini juga bagus buat tubuh. Sudah kita ketahui bersama bahwa ayam atau bebek betutu banyak mengandung protein, vitamin, mineral dan zat lainnya. Belum lagi berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu betutu juga bagus buat tubuh kita. Untuk mendapatkan citarasa yang maksimal, tentu saja ada berbagai hal yang harus kita perhatikan.

Yang pertama tentu saja ayam atau bebek yang digunakan harus benar-benar fresh. Hal ini penting supaya kuah kaldu dari resep masakan ayanm betutu kuah ini rasanya gurih dan nikmat. Kalau menggunakan ayam yang kemarin atau ayam frozen, tentu kuah kaldunya sedikit berbeda dan kurang maksimal rasanya. Selain kesegaran ayamnya, tentu jenis dari ayam yang digunakan juga harus diperhatikan. Supaya lebih mantap, sebaiknya kita menggunakan ayam kampung karena kaldu dari jenis ayam ini paling nikmat kalau dimasak menjadi masakan ayam berkuah. Selain rasanya lebih gurih, aromanya juga lebih khas sehingga menambah kenikmatan resep ayam betutu kuah yang akan kita buat ini.

Untuk membuat resep masakan ayam betutu kuah seperti resep aslinya dari Gilimanuk Bali, rempah-rempah yang digunakan harus benar-benar diperhatikan. Jumlah dan komposisinya harus pas sehingga rasa dari resep ayam betutu kuah ini tidak kalah lezatnya dengan resep aslinya. Kunyit dan kemiri harus dibakar dan disangrai supaya aromanya nanti lebih harum. Untuk meringkas waktu yang diperlukan untuk memasak resep betutu ini, teman-teman bisa menggunakan panci presto tekanan tinggi. Tapi ingat ya, jangan terlalu lama supaya daging ayamnya nanti tidak terlalu lembut. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bumbu dan cara membuat ayam betutu yang mudah dan sederhana dibawah ini beserta dengan Resep Sambal Matah Spesialnya.

Baca juga : Lele Sambal Tauco

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Betutu Kuah Bali Spesial

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam kampung ukuran sedang besar sebanyak 1 ekor. Cuci bersih ayam kemudian potong menjadi 4 atau sesuai selera.
  2. Air asam jawa secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok makan saja.
  3. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 3 sampai 4 daun saja.
  4. Buah cabai rawit kurang lebih sebnayak 6 buah. Bisa ditambah atau dikurang sesuai selera.
  5. Buah cabai keriting merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6 pcs saja.
  6. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 4 batang saja.
  7. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung saja.
  8. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  9. Merica sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  10. Ketumbar kurang lebih sebanyak 2/3 sendok kecil saja.
  11. Lengkuas kurang lebih sepanjang 4 cm saja.
  12. Kencur kurang lebih sepanjang 4 cm juga.
  13. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 pcs saja.
  14. Terasi kualitas bagus sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  15. Kunyit yang sudah dibakar sebelumnya kurang lebih sepanjang 5 cm saja.
  16. Pala bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  17. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm saja.
  18. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  19. Air bersih secukupnya.
  20. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  21. Air jeruk nipis secukupnya.

Cara Membuat Ayam Betutu Kuah Pedas Khas Gilimanuk

  1. Langkah pertama lumuri daging ayam yang sudah dipotong dengan garam dapur dan air jeruk sampai merata dari luar dan dalam.
  2. Diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10 menit kemudian cuci dengan air mengalir.
  3. Sambil menunggu uleg atau tumbuk semua bumbu ayam betutu kuah diatas (kecuali buah cabai rawit, batang serai dan daun jeruknya).
  4. Lumuri semua bagian ayam yang sudah dicuci bersih dengan bumbu diatas sampai benar-benar merata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih 10 sampi 15 menit). Sebaiknya dimasukkan kedalam lemari pendingin supaya ayam tetap segar.
  5. Ungkep ayam beserta bumbunya sampai tercium bau harum bumbu betutunya.
  6. Masukkan air secukupnya kemudian masak ayam dengan api sedang kecil sampai bumbunya meresap kedalam daging ayam.
  7. Masukkan batang serai, cabai rawit dan daun jeruknya kemudian diaduk-aduk sampai dagingnya empuk.
  8. Air bisa ditambahkan kalau sudah menyusut dan hampir habis tetapi dagingnya belum empuk. Atau bisa juga menggunakan panci presto supaya cepat empuk.
  9. Tes rasa dan koreksi rasa degan menambahkan gula atau garam kalau diperlukan kemudian aduk-aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  10. Setelah semua matang dan empuk, ayam betutu khas Gilimanuk Bali siap dihidangkan.