Resep Kerang Hijau Saus Tiram

Resep Kerang Hijau Saus Tiram

kulinernusantara.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Resep Kerang Hijau Saus Tiram.Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Resep Kerang Hijau Saus Tiram

Kerang hijau saus tiram ala restoran sea food kini bisa Anda buat di rumah. Menu sea food memang selalu menggugah selera. Disukai dari kalangan anak hingga dewasa, termasuk mereka yang tidak begitu menyukai daging. Mereka biasanya mengambil protein dari makanan laut tersebut. Selain ikan dan udang, kerang hijau adalah pilihan sea food yang tepat. Selain bernutrisi dan mudah diolah, kerang hijau pun memiliki rasa yang enak. Bumbu saus tiram yang ditambahkan pada kerang hijau tersebut tentu akan menambah kelezatannya. Menikmatinya, Anda bahkan bisa memakannya tanpa menggunakan nasi. Waktu yang tepat untuk menikmatinya adalah di sore atau malam hari saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan:

  • Kerang hijau, 500 gram. Cuci dan bersihkan. Kemudian, rebus sampai matang.
  • Bawang putih, 2 siung. Geprek kemudian cincang kasar.
  • Bawang Bombay, ½ buah. Cincang kasar.
  • Daun bawang, 1 batang. Potong menyerong.
  • Jahe, 2cm. Geprek atau memarkan.
  • Saus tiram, 2 sendok makan atau sesuai selera.
  • Saus tomat, 1 sendok makan atau sesuai selera.
  • Saus sambal, ½ sendok makan atau sesuai selera.
  • Tepung sagu atau maizena, 1 sendok teh. Larutkan dengan 1,5 sendok teh air.
  • Air, 250 ml.
  • Minyak goreng, secukupnya.
  • Garam, secukupnya.
  • Merica bubuk, secukupnya.
  • Gula pasir, secukupnya.

Baca Juga : Resep Pisang Molen Garing Lezat

Cara Membuat:

  1. Lepaskan bagian daging kerang yang telah direbus dari cangkangnya.
  2. Panaskan minyak goreng. Kemudian masukan kerang tersebut. masak dengan api sedang hingga tekstur kerang terlihat agak mengering. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan kembali minyak dalam wajan. Kali ini minyak jangan terlalu banyak karena untuk menumis bumbunya.
  4. Masukan bawang Bombay, bawang putih, serta jahe. Tumis ketiganya hingga harum.
  5. Masukan saus satu per satu, mulai dari saus tiram, saus sambal, dan saus tomatnya. Aduk semua bumbu hingga tercampur merata.
  6. Tambahkan garam, merica, dan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk, kemudian tuangkan airnya. Biarkan sampai mendidih. Anda pun bisa sambil menyicipi rasa bumbunya. Sehingga, jika ada yang belum pasa bisa ditambahkan segera.
  7. Setelah mendidih, tambahkan larutan tepung . Aduk hingga telihat letupan dan bumbu mulai mengental.
  8. Masukan potongan daun bawang. Aduk kembali.
  9. Terakhir, masukan kerang yang telah digoreng tadi. Aduk sampai merata dan biarkan bumbu menyerap.
  10. Angkat dan sajikan dalam piring..

Nutrisi yang terkandung dalam kerang antara lain zat besi, yodium, vitamin A, B, dan B kompleks, kalium, serta zinck. Selain itu kandungan mineralnya pun masih banyak lagi. Aman dimakan termasuk untuk yang bermasalah dengan kolesterol karena kalori dan lemak jenuhnya sangat rendah. Konsumsi kerang hijau bahkan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kalsium dan zinc yang terkandung di dalamnya juga bagus untuk pertumbuhan tulang. Jangan khawatir gemuk atau tekanan darah naik jika mengkonsumsinya. Hanya saja, perhatikan tempat Anda membeli kerang tersebut.Jangan sampai membelinya dari tempat yang dipasok dari kawasan laut yang tercemar. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkomsumsi kerang ini untuk mengurangi resiko gangguan kehamilannya akibat polutan yang mencemari laut tersebut. Jika Anda tidak mengetahui asal usul kerang hijau yang Anda beli, untuk mematikan berbagai macam bakteri dalam kerang tersebut, maka Anda harus mencucinya dalam air mengalir dan merebusnya dalam air mendidih. Perebusan dilakukan untuk kerang yang nantinya akan Anda olah dalam bentuk apapun, baik goreng, tumis, atau panggang. Biasanya, kerang yang dijual di supermarket jauh lebih aman dan berkualitas.Berikut, bahan dan cara membuat kerang hijau saus tiram tersebut