Resep Puding Jagung Nikmat

Resep Puding Jagung Nikmat

Kulinernusantara.web.id – Puding jagung adalah makanan dan makanan penutup saat ini yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kombinasi aroma khas dan rasa manis jagung dengan banyak manfaat kesehatan menjadikannya pilihan bagi sebagian besar ibu di Indonesia. Mungkin banyak dari kita tidak terlalu terbiasa dengan resep puding dengan kombinasi jagung ini. Apalagi jika Anda mendengarkan resep puding jagung yang sempat beberapa saat lalu. Tetapi jika Anda telah mencoba kelezatannya, Anda pasti akan ketagihan dengan makanan penutup kuning lembut ini. Selain itu, dipadukan dengan saus santan vla yang lezat akan semakin melengkapi kelezatannya.

Puding atau agar agar mungkin masih banyak diantara kita yang salah menyebutnya. Apalagi dengan jelly yang memang mirip sekali sekilas. Memang kalau dilihat sekilas oleh orang kebanyakan, 3 jenis makanan dengan tekstur kenyal itu memang mirip dan hampir sama.

Tetapi kalau dilihat lebih jelas, ternyata resep puding jagung, agar agar coklat ataupun jelly ternyata berbeda lho. Walaupun mungkin kalau kita beli kemasan jadi, cara membuat puding jagung ataupun agar agar coklat sama yaitu tinggal mencampur dengan air.
Perbedaan Puding, Jelly dan Agar Agar

Walaupun sama sama enak dan lezat serta pas sekali untuk dessert atau hidangan penutup mulut sehari hari ternyata puding mempunyai kedudukan atau jenis paling tinggi. Seperti juga resep puding jagung manis yang akan kita buat ini, dessert ini pada dasarnya terbuat dari agar agar atau jelly yang sudah diolah dan diberi tambahan. Seperti biasanya susu segar, susu kental manis, yoghurt ataupun lainnya. Tetapi yang pasti jagung manis akan kita pakai sebagai salah satu bahan utama.

Sedangkan agar agar dan jelly yang notabene merupakan bahan dasar pembuat puding perbedaannya terletak di tingkat lembut dan kenyalnya. Jelly lebih kenyal dan lembih lembut teksturnya. Tetapi juga lebih rentan untuk pecah karena kelembutannya. Berbeda dengan aneka resep puding jagung yang akan kita buat ini. Teksturnya lebih kenyal dan kuat sehingga pas sekali untuk dessert setelah menikmat kelezatan resep semur ayam, seblak yang pedas ataupun resep tongseng ayam yang berkuah bukan.
Manfaat Puding Jagung

Baca juga : Resep Lontong Sayur Jawa Sederhana

Seperti juga saudara dekatnya yaitu jelly dan agar agar, aneka resep puding jagung lembut ini juga mengandung serat yang tinggi sekali. Untuk kebutuhan sehari hari manfaat serat dari resep puding jagung ini cukup untuk kesehatan pencernaan kita. Belum lagi kandungan jagung manis yang juga berkhasiat sekali untuk meningkatan kekebalan tubuh manusia, mencegah kanker, meningkatkan daya ingat otak kita dan masih banyak lagi.

Kelezatan puding dengan rasa jagung ini memang mantap dan lembut sekali. Bukan hanya untuk dessert atau hidangan penutup saja lho. Lembut dan dinginnya juga pas sekali untuk menu buka puasa atau sarapan pagi buat yang ingin diet. Penasaran dengan kelezatannya, yuk kito coba aneka resep puding jagung yang lembut dan lezat dibawah ini.

Resep Puding Jagung Manis Tanpa Santan

Buat teman teman yang ingin menikmati lembutnya puding jagung tanpa ingin ribet maka resep yang ini paling pas untuk dicoba. Resep puding jagung manis tanpa santan ini menggunakan bahan sederhana. Selain itu cara bikin puding jagung ini juga sangat praktis tanpa ribet.

Bahan :

  • Agar agar tanpa rasa atau plain kurang le bih 1 bungkus saja yang isi 7 gram.
  • Biji jagung manis yang sudah dipipil kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 80 gram.
  • Garam dapur beryodium sedikit saja sesuai selera.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 600 ml. Kalau suka bisa diganti dengan susu atau air santan.

Cara Buat Puding Jagung Tanpa Santan

  1. Pertama masukan jagung bersama dengan air bersih yang sudah disiapkan kedalam blender kemudian haluskan.
  2. Tuang blenderan jagung diatas kedalam pandi bersama dengan garam, gula pasir dan agar agarnya.
  3. Nyalakan kompor dengan api kecil saja kemudian masak sambil diaduk aduk sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih matikan kompor dan tunggu sebentar sampai uap panasnya hilang baru dimasukkan ke cetakan yang dikehendaki.